Melongok Desain Ikonik karya Dieter Rams


Dieter Rams adalah salah satu desainer industri paling berpengaruh di Abad 20 melalui karya-karyanya yang berasosiasi erat dengan produk-produk perusahaan Braun dan Vitsoe. Khalayak awam mungkin tidak mengenal namanya. Namun jika kita saat ini mengagumi desain produk-produk Apple yang elegan seperti iPhone, iPod, komputer iMac, Mac Pro, dan Mac Cube, maka secara tidak langsung kita telah berkenalan dengan konsep desain Rams.

Dieter Rams lahir di Wiesbaden, Hessen (Jerman) pada 20 Mei 1932. Rams mempelajari arsitektur dan dekorasi interior di Wiesbaden School of Art pada 1947 dan lulus dengan penghargaan pada 1953 (dia sempat cuti kuliah untuk mengambil pengalaman praktis dengan mengambil pekerjaan dalam pertukangan kayu). Lulus kuliah Rams bekerja pada arsitek Otto Apel. Lalu pada tahun 1955 dia bergabung dengan Braun sebagai arsitek dan desainer interior. Di Braun inilah karirnya bersinar, hingga diangkat menjadi Chief Design Officer dari tahun 1961 hingga 1997.

Pendekatan desain Rams dia jabarkan dalam kutipannya yang terkenal: "Weniger, aber besser" (Less, but better). Frasa ini menjelaskan konsep desain minimalis Rams yang mengedepankan kesederhanaan dan aspek fungsionalitas, namun di sisi lain menampilkan ciri produk yang berkelas (elegan).

Di Braun, Rams dan staff-nya mendesain banyak produk elektronik seperti kalkulator, alat cukur, mesin pembuat kopi, radio, perangkat audio/visual, dan perabot rumah tangga yang kelak menjadi desain ikonik dan menginspirasi banyak desainer generasi berikutnya. Salah satu pengagum berat Rams adalah Jonathan Ive, kepala desainer di Apple Computer yang telah menelurkan desain produk-produk Apple, yang banyak diantaranya merupakan 'adaptasi' dari karya-karya Rams beberapa puluh tahun sebelumnya.

iPhone dan kalkulator Braun
Aplikasi kalkulator iPhone (kiri) dan Braun ET 66

Contoh masuknya pengaruh Rams pada desain produk-produk Apple melalui sentuhan Ive adalah penampilan aplikasi kalkulator pada iOS 3 yang identik dengan kalkulator Braun ET 66 tahun 1987 rancangan Rams dan Dietrich Lubs. Anda juga dapat melihat indikasi yang sama pada produk Apple yang lain seperti iPod generasi pertama (mirip dengan radio saku Braun T3), Mac Pro dengan radio Braun T1000, dan monitor iMac dengan flat speaker Braun Le1.

Desain minimalis mesin cukur Braun

Desain minimalis radio Braun - Dieter Rams

Desain minimalis pemutar musik Braun

Komentar