Kutipan-kutipan the Godfather

Trilogi the Godfather bukan sekadar novel dan film tentang keluarga mafia Italia di New York. Dia adalah karya seni, satire kehidupan bisnis dan politik yang penuh konspirasi, dan juga pelajaran tentang bagaimana mengelola organisasi beserta segenap konflik yang ada di dalamnya.

Don Vito Corleone, kepala keluarga mafia Corleone, memiliki prinsip-prinsip baku dalam menjalankan organisasinya yang membawa dia menjadi orang terkuat di dunia hitam Kota New York. Berikut adalah beberapa kutipan populer dari the Godfather:


"I'm gonna make him an offer he can't refuse." (Aku akan memberinya tawaran yang tidak bisa dia tolak) - Sebuah pelajaran tentang negosiasi yang kalem dan elegan namun memiliki kekuatan untuk memaksa orang lain mengikutinya.

"Great men are not born great, they grow great . . ." (Orang-orang besar tidak dilahirkan langsung besar, mereka tumbuh menjadi besar) - Tidak ada kharisma dan sukses personal yang diperoleh sedari lahir. Orang harus berjuang untuk memperolehnya.

"Never hate your enemies. It affects your judgment." (Jangan pernah membenci musuhmu. Itu akan mempengaruhi penilaianmu) - Kita harus tetap obyektif dan berkepala dingin sekalipun ketika berhadapan dengan orang yang tidak kita sukai. Pengaruh faktor emosional akan merusak kemampuan kita berpikir secara tenang dan obyektif.

"A man who doesn't spend time with his family can never be a real man." (Seorang pria yang tidak menyempatkan waktunya untuk berkumpul bersama keluarga tidak akan pernah menjadi pria sejati) - Kesibukan dan urusan bisnis bukan alasan untuk mengabaikan keluarga. Orang akan kehilangan orientasi dan tujuan hidup yang terarah ketika dia mulai melupakan keluarganya.

"Lawyers can steal more money with a briefcase than a thousand men with guns and masks." (Para pengacara dengan bermodal kopernya mampu mencuri uang lebih banyak daripada seribu pria dengan senjata dan topeng) - Sebuah sindiran bahwa kejahatan kerah putih yang dilakukan orang-orang terpelajar jauh lebih signifikan hasil dan dampaknya dibanding kejahatan dengan kekerasan yang dilakukan para perampok jalanan.

Komentar