Desain Minimalis Selayang Pandang

Karya desain minimalis
Desain rak Dieter Rams untuk Vitsoe

"Minimalism" adalah satu istilah yang menggambarkan trend desain dan arsitektur di mana subyek direduksi hingga hanya mencakup elemen-elemen yang diperlukan saja.

Secara tradisional, seni arsitektur dan desain Jepang memiliki pengaruh yang kuat pada desain minimalis. Selain Jepang, referensi penting lain atas desain minimalis adalah karya-karya De Stijl yang mengekspresikan ide-idenya menggunakan elemen-elemen dasar seperti garis dan pola.

Karya-karya minimalis Dieter Rams
Karya lain Rams : pemutar musik Braun
Desainer industrial legendaris Dieter Rams (yang karya-karyanya memberi pengaruh kuat pada Jonathan Ive tatkala mendesain produk-produk Apple) memegang teguh motto "Less but better" saat dia menciptakan aneka desain furnitur dan peralatan elektronik buat perusahaan Vitsoe dan Braun. Struktur yang dia ciptakan mendayagunakan desain yang relatif simpel namun elegan: pola yang mengacu pada geometri dasar, menciptakan kesatuan desain melalui penggunaan elemen tunggal (atau sejumlah kecil elemen tambahan dengan bentuk yang identik), warna dan tekstur yang natural, dan permainan pencahayaan (lighting) untuk menonjolkan keindahan.

Lebih jauh, arsitek Ludwig Mies van der Rohe mengadopsi motto "less is more" melalui penciptaan "kesederhanaan ekstrim" (extreme simplicity) dengan cara 'memaksa' setiap elemen dan detil untuk melayani lebih dari satu fungsi. Contoh penerapannya adalah mendesain lantai yang sekaligus memiliki fungsi lain, misalnya sebagai radiator/pemanas ruangan).

Ludwig Mies van der Rohe
Pavilyun Mies van der Rohe di Barcelona

Arsitek-arsitek kontemporer yang mengikuti 'tradisi' minimalis antara lain Yoshio Taniguchi, Eduardo Souto de Moura, Richard Gluckman, Hugh Newell Jacobsen, Álvaro Siza Vieira, dan John Pawson.

Komentar