Karya-karya Monumental Mies van der Rohe


Ludwig Mies van der Rohe ( 27 Maret 1886 – 19 Agustus 1969 ) bersama Frank Lloyd Wright, Le Corbusier, dan Alvar Aalto dikenal sebagai para pionir arsitektur modern.

Arsitek Amerika kelahiran Jerman yang menjadi direktur terakhir Bauhaus ini menorehkan jejak berupa gaya arsitektural baru yang merepresentasikan tema modern, dengan ciri khas kesederhanaan dan kejernihan ekstrem. Hal ini tampak dari penggunaan material bangunan seperti kaca dan baja industri untuk mendefinisikan ruang interior.

Bangunan-bangunan hasil rancangan Mies van der Rohe kini dianggap sebagai obyek arsitektur bersejarah yang menjadi ikon modernisme.

Berikut adalah karya-karya masterpiece Mies van der Rohe yang lokasinya tersebar di beberapa negara :

Villa Tugendhat
Villa Tugendhat

Villa Tugendhat merupakan prototipe dan ikon arsitektur modern di Eropa. Mies van der Rohe membangun Villa tersebut di kawasan Černá Pole di Brno (Brunn), Republik Ceko pada 1928 - 1930 untuk Fritz Tugendhat dan istrinya Greta.

S.R. Crown Hall


S. R. Crown Hall adalah gedung yang menjadi 'kandang' bagi jurusan arsitektur di kompleks kampus Illinois Institute of Technology in Chicago, Illinois.

Farnsworth House


The Farnsworth House didesain oleh Mies dan dibangun selama kurun 1945 - 1951. Farnsworth House merupakan rumah peristirahatan akhir pekan milik Dr. Edith Farnsworth, tempat dia menikmati liburan dengan bermain biola, menikmati keindahan alam, dan menerjemahkan puisi.

Farnsworth House merupakan bangunan satu ruangan seluas 140 meter persegi dengan konstruksi baja dan kaca sebagaimana ciri khas desain Mies. Terletak 89 km dari pusat kota Chicago, Farnsworth House dianggap sebagai karya masterpiece Mies van der Rohe, dan saat ini dijadikan museum rumah yang dikelola oleh kelompok pelestari bangunan bersejarah, National Trust for Historic Preservation.

Barcelona Pavilion

Barcelona Pavilion merupakan gedung penting dalam sejarah arsitektur modern yang dikenal dengan bentuknya yang sederhana, bersamaan dengan penggunaan material-material pualam (marble), travertine, dan red onyx.

Seagram Building


Gedung pencakar langit Seagram Building terletak di 375 Park Avenue, antara 52nd Street dan 53rd Street di Manhattan, New York City. Gedung 38 lantai ini memiliki tinggi 515 kaki dan selesai dibangun tahun 1958.

Mies van der Rohe mendesain struktur gedung, dan lobby serta bagian internal gedung lainnya dirancang oleh Philip Johnson.

860–880 Lake Shore Drive


860–880 Lake Shore Drive merupakan menara apartemen kembar yang terletak di sepanjang N. Lake Shore Drive, Chicago. Menara 26 lantai ini dikenal dengan julukan apartemen "glass house" karena ciri khas struktur baja dan kacanya. Proses konstruksi dimulai pada 1949 dan selesai pada 1951.

Komentar