Memilih Headphones yang Tepat Untuk Mendengarkan Binaural Beats

Meskipun sembarang headphones dapat digunakan untuk mendengarkan rekaman binaural beats, pengalaman yang paling optimal hanya bisa anda dapatkan apabila menggunakan headphones yang memenuhi kualifikasi dasar untuk mereproduksi audio secara prima.


Ketika anda serius mempraktekkan terapi binaural beats, anda akan menjalani sesi binaural secara teratur setiap hari, setidaknya selama 30 menit per sesi. Untuk keperluan tersebut kami sangat merekomendasikan penggunaan headphones berkualitas tinggi agar anda mendapatkan pengalaman – dan tentu saja hasil – yang terbaik. Menginvestasikan sejumlah dana untuk mendapatkan headphones semacam itu tidak akan menjadi sebuah pemborosan yang sia-sia.


Secara umum ada dua jenis desain headphones, open dan closed-back. Kami menyarankan anda untuk menggunakan closed-back headphones. Desain closed-back memiliki "sealed up" yang “menyelubungi” daun telinga anda. Desain semacam ini memiliki kemampuan untuk mengisolasi suara. Anda tidak akan mendapatkan gangguan suara dari lingkungan sekitar anda yang dapat merusak konsentrasi anda, dan sebaliknya, kebocoran suara dari dalam pun dapat dicegah.

Beberapa model high-end closed-back headphones ditawarkan oleh produsen terkemuka seperti Sony, Beats, Sennheiser, dan Bose. Kita tidak perlu meragukan kualitas suara yang dihasilkan oleh headphones dari pabrikan papan atas seperti ini.

Berbeda dengan headphones high-end, problem yang sering terjadi pada headphones yang lebih murah adalah timbulnya resonansi dan refleksi suara. Binaural beats bermain pada level frekuensi kritis – hanya beberapa Hertz (linear dengan denyutan yang teratur untuk meng-entrain gelombang otak anda), sehingga masalah teknis semacam ini dapat mengganggu perolehan efek yang optimal.

Apapun merk headphones yang anda pilih, pastikan dia tidak menjadi faktor yang menghalangi anda mencapai hasil yang diinginkan dari terapi binaural beats. Selain itu – terlepas dari faktor teknis – gunakanlah headphones secara bijak. Penggunaan headphone secara eksesif, apapun musik yang anda dengarkan (bukan hanya binaural beats) dapat menyebabkan sakit kepala dan perasaan tidak enak lainnya.

Komentar