Fallingwater, Desain Rumah Menakjubkan Karya Frank-Lloyd Wright

Fallingwater

Fallingwater atau Kaufmann Residence adalah sebuah rumah yang dirancang oleh arsitek termasyhur Amerika Serikat Frank Lloyd Wright pada tahun 1935 di pedesaan barat daya Pennsylvania, sekitar 69 km tenggara Pittsburgh. Sebagian bangunan rumah ini didirikan di atas air terjun di Bear Run di bagian Mill Run, Stewart Township, Fayette County, Pennsylvania, di dataran tinggi Laurel dari Pegunungan Allegheny. Wright merancangnya untuk Edgar Kaufmann Sr., pengusaha asal Pittsburgh pemilik Kaufmann's Department Store. Anaknya, Edgar Kaufmann, Jr., belajar arsitektur langsung kepada Wright.



Fallingwater berdiri sebagai salah satu karya terbesar Wright baik untuk dinamisme dan integrasi dengan alam sekitarnya. Desain bangunan ini sangat mencerminkan passion Wright untuk arsitektur Jepang, khususnya pada penekanan kuat harmoni antara manusia dan alam. Arsitek kontemporer Jepang Tadao Ando menyatakan bahwa Wright mempelajari aspek yang paling penting dari arsitektur Jepang.

Interior (bagian dalam) Fallingwater

Fallingwater tampak atas

Fallingwater

Bagian samping Fallingwater

Puja-puji dari masyarakat arsitektur – khususnya Amerika – selalu mengiringi perjalanan Fallingwater pasca didirikan. Majalah TIME menobatkan Fallingwater sebagai karya Wright yang paling indah. Museum Smithsonian menempatkannya dalam daftar “28 tempat yang perlu anda kunjungi sebelum mati”. Sementara pada tahun 1991, para anggota dari American Institute of Architects menempatkannya sebagai karya arsitektur Amerika terbaik sepanjang masa.


Komentar