Tips Memilih Tripod Kamera DSLR yang Berkualitas

Tripod kamera DSLR

Untuk beberapa momen pemotretan, tripod memiliki fungsi yang sangat esensial untuk menghandle kestabilan posisi (dan beban) kamera, lampu flash, atau equipment lain. Walaupun teknologi image stabilization pada kamera DSLR telah berkembang pesat, pengguna tidak dapat sepenuhnya menggantungkan diri pada teknologi tersebut karena pada dasarnya teknologi ini dirancang untuk situasi di mana alat bantu penstabil fisik seperti tripod tidak memungkinkan untuk digunakan, bukan untuk menggantikannya secara keseluruhan.



Sesuai namanya (tripod = tiga kaki), semua tripod yang dibuat untuk keperluan fotografi memiliki tiga kaki dan mounting head tempat memasang kamera. Mounting head tersebut biasanya mencakup mekanisme untuk dapat memutar (rotasi) dan memiringkan (tilt) kamera DSLR ketika dipasang pada tripod. Kaki-kaki tripod lazimnya dirancang secara teleskopik (dapat diatur panjang-pendeknya dengan mekanisme ala teleskop), demi untuk menghemat ruang bila tidak digunakan. Untuk mendukung mobilitas, tripod kamera hendaknya cukup ringan untuk dibawa-bawa namun tidak mengorbankan kualitas bahannya. Tripod biasanya terbuat dari aluminium, serat karbon, titanium alloy, baja, kayu atau plastik.

Tripod banyak digunakan baik pada still maupun motion photography untuk mencegah guncangan pada kamera. Tripod diperlukan pada kecepatan eksposur rendah, atau bila fotografer menggunakan lensa dengan fokus ekstrem, karena pada pemotretan tersebut, setiap gerakan kecil saja pada kamera saat shutter terbuka akan menimbulkan gambar yang kabur. Dengan mengurangi goyangan kamera, penggunaan tripod berperan penting dalam pencapaian ketajaman maksimal. Tripod juga membantu dalam mencapai framing yang presisi, atau bila lebih dari satu gambar yang dibuat dari adegan yang sama. Tripod juga digunakan sebagai alternatif untuk C-Stand untuk aksesoris fotografi.

Mounting Head Tripod kamera DSLR

Sebuah kepala tripod / mounting head merupakan bagian dari sistem tripod yang melekat pada perangkat yang didukung (seperti kamera) ke kaki tripod, dan memungkinkan orientasi perangkat yang akan dimanipulasi atau dikunci. Kepala tripod tersedia dalam dua alternatif, yakni yang dapat berdiri sendiri dan bisa dirangkai dengan aneka kaki tripod, dan yang terintegrasi alias dirangkai langsung ke kaki tripod.

Tripod seharusnya mempunyai tinggi yang cukup untuk membuat Anda nyaman dan tidak perlu membungkuk saat melakukan pengambilan gambar. Pada umumnya tripod mempunyai extension pole utama yang dapat ditarik untuk posisi ekstra tinggi. Ada tiga ketinggian yang penting, yaitu ketinggian maksimum, minimum dan dapat dilipat. Built-in level membantu Anda menjaga foto agar tetap stabil ketika mengambil foto secara horizontal dan vertikal, sehingga menjaga hasil foto atau video Anda terlihat baik dan tidak miring.

Komentar