Tips Melindungi Perangkat Android Anda

Melalui posting di blog resmi Google, Adrian Ludwig, teknisi Google yang bekerja sebagai Android Security Engineer membagi tips yang bermanfaat untuk membantu pengguna Android mengamankan perangkat miliknya (smartphone maupun tablet) dari tangan-tangan jahil maupun pihak yang tidak diinginkan. Berikut adalah tips melindungi perangkat maupun keamanan data pengguna Android yang diberikannya :

Mengunci layar 

Baik pada smartphone maupun tablet, anda dapat membuat sebuah kunci pengaman layar. Hal ini penting untuk dilakukan dalam kasus seperti handset atau tablet Anda tertinggal di suatu tempat, atau Anda khawatir seseorang bermain-main dengan telepon Anda dan melihat-lihat file pribadi Anda. Anda dapat mengunci perangkat dengan pin, password, pola, atau bahkan wajah Anda, dengan masuk ke Settings > Personal > Security > Screen Lock.

Fitur pengunci layar Android


Lindungi telepon Anda dari aplikasi yang mencurigakan. 

Google akan secara otomatis memindai Google Play untuk memblokir dan menghapus aplikasi berbahaya. Prosedur ini membuat Google Play tempat paling aman untuk mendapatkan aplikasi Android. Tapi Google Play juga dapat membantu melindungi Anda bahkan untuk aplikasi yang Anda dapatkan di tempat lain, seperti web atau toko aplikasi pihak ketiga. Pertama kali Anda mulai menginstal aplikasi dari sumber yang tidak diketahui, sebuah pesan akan muncul menanyakan apakah Anda ingin Google untuk memindai file untuk memastikan file itu tidak berbahaya. Tekan "OK" untuk membiarkan Google membantu melindungi Anda dari aplikasi berbahaya.

Cari, telepon, dan menghapus data pribadi dari perangkat yang hilang 

Apakah Anda pernah lupa menaruh ponsel Anda di suatu tempat atau meninggalkannya di sebuah restoran? Anda kini dapat menggunakan layanan baru yang disebut Android Device Manager, yang dengan cepat dapat menelepon telepon Anda pada volume maksimal sehingga Anda dapat menemukannya ( bahkan jika smartphone Anda pada mode silent ). Lebih canggih, Anda juga dapat mencarinya di peta, secara real time menggunakan Android Device Manager. Jika telepon Anda tidak dapat dipulihkan, atau telah dicuri, Anda dapat dengan cepat dan aman menghapus semua data pada perangkat Anda untuk menghindari data-data pribadi Anda jatuh ke tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Device Manager Android akan tersedia untuk perangkat yang menjalankan Android 2.2 atau di atasnya, sebagai bagian dari Google Play. Jika ingin tahu lebih banyak tentang cara melindungi privasi dan keamanan online Anda maupun keluarga, Anda dapat mengunjungi situs Good to Know, situs resmi Google untuk membantu pengguna internet memperoleh kenyamanan dan privasi di dunia maya.

Komentar