Tips Menjaga Laptop Anda saat Travelling

Laptop antimaling.

Bagi traveller modern, laptop ( atau tablet ) adalah benda yang "kudu" dibawa ketika bepergian ke suatu tempat mengingat fungsinya yang vital. Namun hal ini dapat menjadi buah simalakama, mengingat gadget berharga semacam ini merupakan incaran favorit para pelaku kriminal yang menyasar para turis.

Berikut adalah beberapa tips melindungi laptop anda saat bepergian ke suatu tempat.

- Kamar hotel sekalipun bukan jaminan tempat aman 100 persen buat barang-barang berharga anda. Simpan / amankan laptop anda di safe deposit box yang disediakan di kamar hotel anda sebelum keluar untuk suatu keperluan.
- Jangan pernah menaruh laptop Anda pada computer bag atau tas laptop karena ini terlalu mencolok dan jelas buat para ( calon ) pencuri.
- Selalu lindungi laptop anda dengan password sehingga apabila laptop anda terlanjur dicuri, pencuri tidak akan dapat mengakses data-data pribadi anda.
- Tempelkan atau tuliskan nama dan informasi kontak pada laptop anda sehingga apabila anda lupa menaruh laptop di suatu tempat, ada kemungkinan ( mudah-mudahan ) seorang manusia baik-baik yang menemukannya mengembalikan kepada anda berdasarkan informasi kontak tersebut.
- Saat di bandara, perhatikan dengan cermat laptop anda saat melalui pemeriksaan scanner pada airport security.
- Jangan pernah menaruh laptop anda di lantai ketika tengah berada di counter tiket atau coffee shop.
- Jika anda terpaksa harus meninggalkan laptop di kafe atau tempat-tempat umum lain karena suatu keperluan ( misalnya ke kamar kecil ), kaitkan laptop anda pada meja atau kursi menggunakan laptop security cable.

( AirAsia Inflight Magazine "3Sixty" )

Komentar