Tips Menggunakan Evernote untuk Membantu Pekerjaan Anda

Logo Evernote

Evernote adalah layanan dan aplikasi notetaking, yang berguna buat menyimpan dan mengarsipkan segala jenis catatan, memo, foto, file, klip audio, halaman web (web clipping), atau bahkan "tulisan tangan" digital. Semua arsip tersebut disimpan secara terpusat di server Evernote, namun dapat disinkronisasikan dan diakses melalui aneka perangkat komputer maupun tablet dan smartphone yang terkoneksi ke internet. Saat ini Evernote mendukung sebagian besar platform populer seperti Microsoft Windows, OS X, Android, iOS, Chrome OS, Windows Phone, Blackberry, dan webOS.

Didirikan oleh Stepan Pachikov pada 24 Juni 2008, Evernote berkembang pesat dan saat ini menjadi layanan notetaking terpopuler. Lantas manfaat apa yang bisa kita eksplorasi dari Evernote ? Berikut adalah beberapa kemungkinan penggunaan Evernote baik untuk menunjang pekerjaan maupun manfaat lainnya.

1. Membuat data dan catatan yang terorganisasi dan dapat diakses di berbagai platform

Anda dapat menulis catatan via Blackberry, menyimpannya di Evernote, lalu mengaksesnya melalui PC kantor atau iPad atau smartphone Android. Semua dimungkinkan karena Evernote melakukan sinkronisasi data di setiap perangkat tersebut. Sepanjang tersedia akses internet dan Evernote app terinstall pada perangkat, segalanya tidak menjadi masalah.

2. Menyimpan foto dan gambar-gambar keren yang kita "temukan" di website yang kita kunjungi

Menemukan foto desain kamar tidur minimalis yang cantik untuk dijadikan referensi, sampel produk, rancangan gaun yang elegan buat ditunjukkan pada kekasih, atau karya landscape photography yang menakjubkan ? Jika tidak ingin kehilangan jejaknya, simpan saja di Evernote untuk dibuka kembali di lain waktu.

3. Kurangi penggunaan buku agenda, notebook, dan catatan manual lain

Gunakan Evernote untuk menyimpan nomor telepon, nomor rekening bank, alamat, skedul meeting, draft tulisan, kutipan, janji / jadwal pertemuan dengan klien, file scan dokumen kerja, KTP, SIM, dan sebagainya. Segala jenis data digital yang bisa dibayangkan. Semua bisa disimpan di Evernote untuk diakses kembali setiap saat.

Banyak penggunaan kertas yang bisa dikurangi. Ini era digital. Berhentilah mensponsori pembalakan hutan untuk memproduksi kertas yang hanya terbuang-buang dalam sekali pakai ..

4. Buat email anda menjadi notes

Evernote menyediakan alamat email khusus kepada setiap user, di mana user dapat mengirim email ke alamat tersebut dan isi email tersebut otomatis menjadi note baru.

Pada layanan email seperti Gmail, Anda dapat mengatur setting untuk memforward setiap email dari pengirim tertentu ( bos atau klien anda misalnya ) ke alamat email Evernote sehingga email tersebut bisa segera ditindaklanjuti. Demikian pula email terkait transaksi online seperti konfirmasi pemesanan tiket pesawat, reservasi kamar hotel online, dan sebagainya dapat diforward ke Evernote sebagai arsip yang dapat dibuka apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

5. Menyimpan halaman web dengan fitur web clipper.

Ini seperti membuat kliping, tapi bukan dibuat dari guntingan koran, melainkan halaman-halaman web. Jika anda menemukan artikel blog yang menarik tetapi tidak sempat membacanya hingga tuntas, atau tutorial yang hendak dibaca di lain waktu, simpan saja di Evernote.

6. Menyimpan faktur belanja online maupun hasil scan faktur kertas

Sama halnya dengan belanja di dunia nyata, di internet anda mendapatkan faktur digital sebagai bukti pembelian. Evernote memungkinkan anda untuk mengelola faktur-faktur tersebut secara praktis dan mudah - dan dapat diakses dari aneka perangkat yang anda miliki. Untuk kegunaan yang sama, Anda juga dapat menscan faktur kertas untuk selanjutnya diupload ke Evernote.

Komentar