Penguin 2.0 : Update Algoritma Google untuk Menghalau Spam

Google Penguin

Google per hari ini ( 23 Mei di Indonesia, atau 22 Mei PST) kembali melakukan "bersih-bersih" indeks pencariannya dengan menggulirkan update algoritma terbaru. Secara resmi hal tersebut dinyatakan melalui posting blog Matt Cutts ( senior Google Engineer yang memimpin pengembangan algoritma pencarian ); "Penguin 2.0 rolled out today".

Melalui postingnya Matt Cutts menyatakan bahwa update ini mempengaruhi sekitar 2,3 persen pencarian dalam Bahasa Inggris-US, sebelum disusul bahasa-bahasa lain, terutama yang memiliki banyak webspam. Update algoritma terkait Penguin ini merupakan yang keempat sejak Penguin update yang pertama pada 24 April 2012 silam.

Efek dari update ini, sebagian webmaster dan blogger mungkin akan melihat fluktuasi dan perubahan pada indeks pencarian Google terkait situs mereka. Hal ini terutama dialami oleh mereka yang gemar "main-main" dengan backlinks. Ada yang peringkat situsnya naik (atau turun) untuk keyword tertentu. Ada yang bahkan hilang samasekali dari indeks pencarian Google (kena penalti).

Apakah situs Anda ikut menjadi "korban" penguin?

Komentar