Adobe Photoshop CS Berakhir, Migrasi ke Creative Cloud


Adobe Creative Cloud
Adobe Creative Suite ( CS ), lini software desain grafis tangguh yang terdiri atas Adobe Photoshop, InDesign, Premiere, Dreamweaver, dan lainnya telah setia menemani para profesional maupun pehobi desain grafis, videografer, dan fotografer selama hampir satu dekade. Tepatnya sejak gabungan aplikasi desain tersebut diperkenalkan pada September 2003. Kini semuanya akan segera berakhir.

Melalui event MAX conference, Adobe mengumumkan perubahan strategi bisnis yang drastis: CS6 adalah versi terakhir paket software Adobe Creative Suite yang tersedia dalam bentuk boxed version. Untuk selanjutnya, Adobe hanya menyediakan satu cara mengakses dan mengupgrade software-software tersebut, yakni dengan berlangganan layanan cloud mereka: Adobe Creative Cloud.

Adobe menawarkan beberapa opsi biaya berlangganan Creative Cloud: pengguna baru dapat membeli paket berlangganan bulanan sebesar $50 per bulan dengan komitmen berlangganan selama setahun, atau $75 jika dibayar per bulan. Dengan paket ini pengguna akan memperoleh akses ke seluruh software Creative Suite, ditambah dengan jatah 20 GB ruang penyimpanan data ( cloud storage ). Pelanggan yang saat ini menggunakan Adobe CS versi 3 hingga 5.5 mendapat keringanan biaya berlangganan di tahun pertama menjadi $30 per bulan, sedangkan pengguna CS6 cukup membayar $20 per bulan.

Jika anda hanya membutuhkan aplikasi tunggal (misalnya hanya akan berlangganan Photoshop saja), Adobe mematok biaya berlangganan $20 per bulan dengan komitmen satu tahun (bagi yang saat ini memiliki CS3 - CS6 hanya dikenakan $10 per bulan di tahun pertama).

Melalui hitungan di atas kertas, solusi Creative Cloud sebetulnya jatuhnya lebih murah daripada boxed version. Asumsikan anda membeli paket aplikasi Adobe Photoshop CS6 seharga $699 ( full-price ) sebelum upgrade ke versi berikutnya dua tahun kemudian. Paket berlangganan Creative Cloud sebesar $20 per bulan selama dua tahun hanya akan memakan biaya $480, alias lebih murah $219. Jika membeli keseluruhan software Adobe Creative Suite ( Photoshop, Premiere, InDesign, dsb ) boxed version anda harus mengeluarkan uang $2599, maka biaya berlangganan versi cloud untuk paket yang sama selama dua tahun hanya sebesar $1200.

Model bisnis berbasis komputasi awan ini, yang dikenal sebagai layanan Software as a Service ( SaaS ), juga dilakukan oleh Microsoft melalui Office 365 Home Premium Edition.

Bagi profesional yang menghasilkan banyak uang lewat karya yang mereka ciptakan melalui paket software ini, barangkali tidak menjadi masalah untuk membayar biaya berlangganan bulanan. Namun model bisnis software-as-a-service ini boleh jadi memukul pengguna di level amatir dan hobiis yang menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut secara ringan dengan frekuensi yang tak terlalu tinggi. Bagi mereka mungkin terasa berat untuk membayar biaya berlangganan bulanan untuk software yang penggunaannya bersifat temporer dan sebatas kesenangan saja ..

Komentar

  1. tapi sekarang ane bisa pakai versi offlinenya gan :D

    BalasHapus

Posting Komentar