Museum Guggenheim, Mahakarya Arsitek Frank Lloyd Wright

Museum Guggenheim New York.

The Solomon R. Guggenheim Museum yang berlokasi di Upper East Side Manhattan, New York, adalah rumah bagi sejumlah besar koleksi karya seni impresionis, post-impresionis, dan kontemporer, selain menjadi host pameran-pameran spesial dan event-event seni kontemporer yang diadakan sepanjang tahun.

Museum tersebut didirikan oleh Yayasan Solomon R. Guggenheim pada 1939. Nama 'Guggenheim' sendiri diadopsi pasca meninggalnya sang pendiri pada 1952. Sebelum itu dia memakai nama the Museum of Non-Objective Painting.

Arsitek Frank Lloyd Wright mendesain gedung museum Guggenheim tersebut, menggantikan bangunan sewaan yang selama ini digunakan. Gedung baru rancangan Wright dibuka pada 21 Oktober 1959.

Desain bangunan Museum Guggenheim yang tidak konvensional, berbentuk silindris dengan bagian puncak lebih lebar daripada dasarnya, memberinya tabal sebagai "temple of spirit". Interior gedung sendiri memberi ruang pamer unik bagi benda-benda koleksi museum berupa galeri yang berbentuk jalur spiral, berputar menurun, memanjang dari atap gedung hingga mencapai lantai dasar.


Koleksi Museum Guggenheim New York bertambah secara organis selama empat dekade, dari yang semula hanya beberapa koleksi pribadi Solomon R. Guggenheim menjadi koleksi yang lebih ekstensif. Museum tersebut saling berbagi koleksi dengan 'saudara'-nya, Museum Guggenheim di Bilbao, Spanyol.

Kini, bangunan Museum Guggenheim New York rancangan Frank Lloyd Wright dianggap sebagai salah satu landmark arsitektur terpenting abad 20. Beberapa upaya renovasi dan ekspansi dilakukan, yakni pada tahun 1992 - 1993, dan pada tahun 2005 - 2008.

Komentar