Tips Mengubah Rumah Menjadi Minimalis


Membuat rumah minimalis ? Well, kecuali anda pindah ke rumah yang benar-benar baru, ada banyak perubahan yang mesti dilakukan menyangkut eksterior maupun interior rumah yang Anda huni saat ini untuk membuatnya menjadi hunian minimalis yang cantik.

Sesungguhnya tidak ada langkah-langkah yang baku untuk mengubah rumah Anda menjadi rumah minimalis. Hal terpenting adalah terlebih dahulu mengubah mindset dan filosofi menyangkut konsep ideal Anda tentang hunian minimalis. Konsep yang kuat dengan sendirinya akan menuntun Anda membuat ide dan perencanaan yang unik, yang selanjutnya diimplementasikan ke dalam bentuk fisik rumah minimalis yang Anda inginkan.

Terkait dengan implementasi ide, berikut beberapa tips untuk mengubah rumah Anda yang sekarang menjadi sebuah hunian minimalis yang elegan.

Kerjakan Satu demi Satu

Sulit untuk mengubah total keseluruhan rumah sekaligus. Fokuslah pada satu ruangan. Pusatkan perhatian dan ide secara penuh, dan jadikan apa yang telah Anda lakukan di ruangan tersebut sebagai pijakan untuk mengubah ruangan-ruangan lain. Satu demi satu.

Mulai dari Furnitur

Furnitur adalah elemen bergerak utama yang ada di ruangan Anda. Menyederhanakan ruangan tidak terlepas dari menyederhanakan keberadaan furnitur di dalamnya. Pikirkan furnitur mana yang esensial untuk dipertahankan, dan mana yang harus disingkirkan karena hanya memakan tempat tanpa memberi nilai fungsional.

Bersihkan Lantai

"Bersihkan" dalam arti buat lapang dan bebas dari peletakan benda-benda tak berguna atau furnitur yang kurang penting yang memberi kesan "rungsep" alias penuh sesak.

Bersihkan semua Permukaan

Lakukan hal yang sama pada semua permukaan : dinding-dinding ruangan hingga plafon. Bersihkan hingga hanya tersisa satu atau dua dekorasi ( artworks ) sederhana yang memberi aksen dan sesuai dengan tema ruangan. Pengaruhnya akan sangat terasa.

Jauhkan pernak-pernik dari pandangan mata

Jangan berhenti hanya dengan menyingkirkan benda-benda yang tidak memiliki nilai fungsional. Benda-benda kecil yang masih Anda butuhkan seperti CD musik, DVD, buku-buku, charger ponsel, dan sebagainya sebaiknya disimpan rapi dalam drawer atau tempat penyimpanan khusus sehingga tidak berserak dan menimbulkan kesan berantakan.

Dekorasi yang Simpel

Walau tidak memiliki aspek fungsional, dekorasi diperlukan sebagai pemberi aksen. Contoh klasik dekorasi sederhana adalah sebuah vas berisi beberapa tangkai bunga atau pot kecil berisi tanaman hias. Warna untuk dekorasi dapat dipilih yang terang / mencolok dibandingkan warna keseluruhan ruangan ( misalnya bunga berwarna merah ) untuk memberikan sedikit "kehidupan" dan percikan energi pada suasana ruangan.

Permainan Warna

Berlawanan dengan pemilihan warna untuk dekorasi yang cerah, warna untuk keseluruhan ruangan sebaiknya lebih solid dan subtil. Putih merupakan warna standar untuk minimalis klasik. Sebagai improvisasi, Anda tentu dapat memilih warna-warna solid lain yang tidak menimbulkan stress pada mata. Warna-warna bumi seperti hijau, coklat muda, atau hijau muda dapat dijadikan pilihan.

Komentar