Makna Simbol Yin dan Yang

Simbol Yin-Yang

Konsep Yin-Yang dalam filosofi Cina mendeskripsikan bagaimana kekuatan yang kontra atau berlawanan saling terhubung dan bergantung satu sama lain, dan bagaimana mereka saling meningkatkan. Manifestasi konsep yin-yang antara lain adalah jantan dan betina, gelap dan terang, air dan api, dingin dan panas, dan sebagainya.

Yin dan Yang pada dasarnya adalah dua kekuatan yang bersifat komplementer (saling melengkapi), berinteraksi dalam sistem dinamik yang secara keseluruhan lebih besar daripada apabila masing-masing terpisah.

Taijitu, yang dalam terjemahan bebasnya berarti "diagram kekuatan agung (diagram of ultimate power) adalah simbol dari konsep yin dan yang (Taiji). Taijitu merupakan simbol universal buat Taoisme, dan bagi kalangan di luar Taois simbol tersebut merepresentasikan konsep keberlawanan yang membentuk harmoni. Pola atau simbol yang mirip-mirip dengan Taijitu juga dapat ditemukan di Eropa pada model ikonografi budaya-budaya Keltik, Etruskan, dan Romawi.

Pada taijitu, lingkaran itu sendiri melambangkan keseluruhan, dan area hitam dan putih di dalamnya menyimbolkan kedua elemen yang berinteraksi. Area putih adalah elemen Yang, dan area hitam melambangkan Yin. Pada masing-masing area terdapat titik besar dengan warna yang berkebalikan (titik hitam pada area putih, titik putih pada area hitam); yang menggambarkan bagaimana masing-masing elemen akan berubah/bertransformasi menjadi menjadi elemen lainnya.

Selain pada konsep Yin dan Yang, simbol Taijitu merupakan simbol penting pada seni beladiri (martial arts) seperti Tai Chi dan Jeet Kune Do. Dalam konteks martial arts, simbol taijitu melambangkan kombinasi antara teknik keras dan lunak (hard and soft techniques).

Komentar