Lensa Kamera DSLR APS-C

Ketika kamera-kamera DSLR kelas atas berharga puluhan juta produksi Canon, Nikon, dan Sony bermewah-mewah dengan image sensor full-frame, mayoritas kamera digital SLR dan mirrorless saat ini sesungguhnya masih menggunakan image sensor APS-C yang memiliki ukuran 24 mm x 16 mm ( hampir separuh ukuran image sensor kamera full-frame ).

Semua manufaktur besar perlengkapan kamera memproduksi lensa-lensa yang secara spesifik dioptimalkan untuk digunakan pada kamera-kamera dengan sensor APS-C, baik untuk penggunaan secara umum maupun untuk wide angle zoom.

Keuntungan dari kamera dengan sensor APS-C adalah kompatibilitas lensa yang lebih baik. Lensa yang didesain buat kamera full-frame akan bekerja dengan baik pada kamera-kamera APS-C. Sebaliknya, lensa-lensa buat kamera APS-C tidak akan optimal apabila digunakan oleh kamera-kamera full-frame. Hal seperti ini patut menjadi pertimbangan apabila anda tengah berpikir hendak mengganti kamera bersensor APS-C anda dengan kamera full-frame.

Para pabrikan kamera ternama biasa melabeli lensa-lensa kamera DSLR APS-C produksi mereka dengan istilah yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa diantaranya :

Canon : EF-S Format
Nikon : DX Format
Pentax : DA Format
Sony : DT Format
Sigma : DC Format

Komentar