Sony Xperia Z : Android nan Elegan dari Sony

Sony Xperia Z menjadi bintang di CES (Consumer Electronic Show) 2013 Las Vegas. Sony mengumumkan kehadiran smartphone quad-core pertamanya itu pada konferensi pers CES, yang secara tak langsung mengantar flagship Android terbarunya itu untuk berkompetisi dengan rival-rival yang sepadan macam iPhone 5 dan Galaxy S3.
Sony Xperia Z

Xperia Z memiliki desain yang simetris dan bersih, dengan sudut-sudut yang tak terlalu membulat, serta panel gelas di bagian muka dan belakang yang memperkuat kesan elegan dan premium.

Bagaimana dengan 'daleman'-nya? Inilah spesifikasi Sony Xperia Z:

- Prosesor: 1.5 GHz Snapdragon S4 Pro quad-core processor
- Display: 1080p HD 5-inch display
- OS: Android 4.1 "Jellybean"
- Network: 4G/LTE
- RAM: 2GB
- Kamera: belakang 13.1MP, depan 2.2MP
- NFC (Near Field Communication)
- Water and dust resistant
- Dimensi: 139 x 71 x 7.9mm
- Battery: 2,330 mAh
- Memori: 16GB Internal Memory; dapat ditambah hingga 32GB via slot microSD.

Dengan mengusung display 5 inci, Sony memasuki perlombaan ukuran layar yang telah dimulai oleh Samsung dengan Galaxy Note dan flagshipnya, Galaxy S3. Menariknya, display sebesar itu tidak membuat Xperia Z terlihat canggung atau bongsor. Beratnya hanya 146 gram dengan ketebalan 7.9 mm. Sedikit lebih tebal dari iPhone 5, namun lebih tipis dari Galaxy S3.


Perlombaan lain di tahun 2013 adalah resolusi display. Sony memusatkan perhatiannya pada layar full HD (1920 x 1080) dengan teknologi spesial Reality Display TV tech dan Mobile Bravia Engine 2, yang diklaim memiliki kemampuan menampilkan warna yang lebih realistik dibanding teknologi layar Super AMOLED yang digunakan Samsung. Sony juga berusaha membalap Apple melalui pixel density hingga 443 ppi (pixels per inch) - lebih tinggi dari iPhone 5 punya yang 'hanya' 326 ppi).

Dari sisi software, agak disayangkan Sony masih menjalankan Android 4.1 'Jellybean' sebagai OS Xperia Z, mengingat Android versi 4.2 'Key Lime Pie' sudah di depan mata. Namun Sony menjamin Xperia Z bakal segera mendapat upgrade ke versi terbaru itu.

Sony berupaya membuat diferensiasi dari vendor smartphone Android lain dengan menyediakan layanan multimedia sendiri yang dapat diakses via primary media applications, antara lain Walkman untuk mendownload musik dan mengakses layanan streaming, Sony's Video Unlimited store, dan PlayStation Mobile untuk mengakses Sony games app store. "We intend to offer a unified experience across multiple Sony products. This is about providing a consistent Sony entertainment experience across multiple devices." Demikian kata juru bicara Sony MacDougall seperti dikutip Natasha Lomas dari TechCrunch.

Sony menawarkan Xperia Z dalam tiga pilihan warna: putih, hitam, dan ungu. Peluncuran Xperia Z bakal dilakukan secara global pada kuartal pertama 2013.

Well, nampaknya Sony Xperia Z bakal menjadi deal yang sayang untuk dilewatkan. Saya pribadi sebetulnya bukanlah seorang pemburu trend gadget, seperti yang pernah saya tulis di posting terdahulu. Namun untuk yang satu ini, rasanya tidak bisa menutup mata atau pura-pura tidak tertarik (uhuk) ...

Komentar