Sony XBR-55X900A : TV 4K dengan Layar "Sedang"

Sony XBR-55X900A

Teknologi televisi berdefinisi ultra tinggi (UHD, Ultra High Definition) alias TV 4K kini merambah display di bawah ukuran 84 inci dengan kehadiran Sony XBR-55X900A.

Ya, selama ini TV 4K memang identik dengan layar yang ukurannya bisa memenuhi dinding dan harga yang selangit, sehingga kurang populer buat khalayak yang masih harus memikirkan kebutuhan hidup selain membeli sarana tontonan kelas atas.

Sony merilis UHD TV dengan diagonal layar 65 inci dan 55 inci, mendampingi TV 4K berukuran 84 inci dari seri XBR-X900 yang telah hadir lebih awal. Jika sang kakak dibandrol dengan harga $25,000 per unit, Sony menjamin kalau produk yang lebih kecil akan ditawarkan dengan harga yang tak jauh berbeda dengan TV-TV high-end lain yang saat ini beredar.

Display UHD/4K di TV ini memiliki pixel count 3840x2160 -- empat kali lipat dari HDTV saat ini yang memiliki resolusi horisontal 1080p (dengan pixel count 1920x1080). Pixel count empat kali lipat memberi jaminan gambar yang dihasilkan akan jauh lebih tajam.

Bagaimanapun ada dua masalah mendasar yang masih tinggal: Pertama, anda harus memperhatikan dengan sangat-sangat dekat, dan bila perlu duduk di dekat layar untuk dapat memperhatikan perbedaan kualitas gambar yang dihasilkan. Ya, teknologi HDTV 1080p sendiri saat ini sudah sangat baik dalam mengakomodasi kualitas tayangan. Maka penambahan piksel hingga empat kali lipat lebih terlihat seperti "keserakahan" yang tak perlu alias kemubaziran ;). Kedua, belum banyak konten (tayangan) yang diproduksi dalam format 4K. Apa untungnya punya TV 4K kalau acara yang ditonton masih berformat 1080p atau bahkan lebih rendah dari itu? Pihak Sony mencoba mengatasi masalah keterbatasan itu dengan membuat layanan distribusi video 4K, lengkap dengan 4K Media Player.

Fitur lain yang ditambahkan pada XBR-55X900A adalah 4K X-Reality Pro processing, teknologi Triluminos Display LED backlighting yang menjanjikan pengelolaan warna yang lebih baik, dan layanan Smart TV termasuk Sony Entertainment Network.

Lebih jauh tentang format video UHD 4K

Komentar