Canon EOS 7D : Kamera DSLR Andalan Sineas Independen

Bagi yang selama ini berpikir kalau fungsi video recording pada kamera-kamera DSLR hanya fitur mainan belaka, mungkin keberadaan Canon EOS 7D akan mengubah pendapat mereka.

Canon EOS 7D dikenal sebagai kamera DSLR yang menawarkan fitur set dan fungsi-fungsi video recording yang kuat, yang memberi para videografer kontrol yang lebih baik atas video yang mereka buat. Kelebihan tersebut membuat Canon 7D mendapat apresiasi tersendiri di kalangan sineas film independen (dan sebagian pro) sebagai alternatif yang memadai atas digital cinema camera yang harganya jauh lebih mahal. Contoh film-film yang dibuat dengan Canon EOS 7D adalah Black Swan, Act of Valor, The Avenger, dan World of the Dead: the Zombie Diaries.Sampel kualitas video yang direkam dengan EOS 7D:


EOS 7D menawarkan kontrol manual atas shutter dan aperture, dan menyediakan opsi multiple frame rate yang memungkinkan pengguna memilih frame rate video yang mereka inginkan - termasuk yang sesuai dengan spesifikasi timing HDTV.

Canon EOS 7D menggunakan sensor APS-C crop CMOS dengan 18 effective megapixel. Kamera ini memiliki 19 autofocus points, dan metering system dengan 63 zone color dalam empat variasi (evaluative, center-weighted, partial, dan spot). Fitur selengkapnya adalah :

- Sensor : 18.0 effective megapixel APS-C CMOS sensor
- Dual DIGIC 4 image processors dengan 14-bit processing
- Liveview mode
- 100% viewfinder frame coverage dengan 1.0x magnification
- 8.0 fps continuous shooting
- ISO sensitivity 100 - 640 (dapat ditingkatkan hingga 12,800)
- LCD display : 3.0-inch Clear View II LCD dengan resolusi 640 - 480
- 19 point auto-focus system
- 63 zone color sensitive metering system
- built-in Speedlite transmitter
- Bodi kamera dari bahan magnesium alloy
- Popup flash
- Weather sealing (tahan air dan debu)

Video Recording :
- 1080p HD video recording pada 24 fps, 25 fps, dan 30 fps
- 720p HD video recording pada 50 fps dan 60 (59.94 fps)
- 480p ED video recording pada 50 fps dan 60 (59.94 fps)

Canon EOS 7D

Seperti lazimnya kamera DSLR lain dengan fitur video recording, fungsi autofokus Canon EOS 7D tidak bekerja ketika digunakan untuk merekam video. Pengguna harus menyetel secara manual fokus lensa selama perekaman dan mengaktifkan contrast-detect AF sebelumnya.

Canon EOS 7D pertama kali diperkenalkan pada 1 September 2009 dengan harga $1699 - barangkali terhitung murah apabila dinilai dari kemampuan yang ditawarkannya.

Pada 6 Agustus 2012 Canon merilis update firmware EOS 7D (v2.0), dengan penambahan kemampuan seperti In-camera RAW image editing, JPEG resizing, kompatibilitas GPS, dan pengaturan zona waktu (time zone).

Komentar