Canon Cinema EOS : Lini Produk Sinematografi SLR Canon

Kamera-kamera DSLR saat ini bukan lagi sekadar produk eksklusif untuk keperluan fotografi. Rata-rata produk DSLR terbaru dari kelas middle-end dan high-end telah dilengkapi dengan kemampuan merekam video berdefinisi tinggi (HD Video) 1080p, atau bahkan hingga 4K/QHD. Canon sebagai salah satu produsen kamera besar bahkan memiliki lini produk tersendiri untuk itu, yang dikenal sebagai Canon Cinema EOS.

Canon Cinema EOS (Cinema Electro-Optical System) mulai diperkenalkan pada akhir 2011 melalui kehadiran kamera Canon EOS C300.

Canon EOS C300 merupakan motion video camera dengan desain mirrorless dan sensor Super 35, dan dilengkapi lensa CN-E.
Kamera Canon EOS C500
EOS C500

 Awal 2012 Canon menambah lini Cinema EOS dengan meluncurkan Canon C500. C500 merupakan pengembangan C300 dengan penambahan kemampuan merekam video 4K/QHD dan RAW capture. Pada rentang waktu yang tak berjauhan Canon juga mengumumkan kehadiran EOS-1D C, yang merupakan varian dari EOS-1D X.

Jika menilik kembali pada sejarah lini kamera EOS, Canon telah memulai "tradisi" menambahkan kemampuan merekam video pada kamera-kamera DSLR produksinya sejak 2008, dimulai pada Canon EOS 5D Mark II. Sejak saat itu, Canon memutuskan untuk memproduksi kamera yang memang didesain khusus untuk pengambilan video, bukan lagi sekadar kamera foto yang dilengapi fitur merekam video.

Komentar