Untung-Rugi Menggunakan Online Office Suite

Tertarik menggunakan layanan aplikasi perkantoran (Office Suite) berbasis web seperti Google Apps atau Microsoft 365? Sebelum memutuskan untuk berlangganan layanan semacam ini, ketahui dahulu keuntungan dan kerugiannya dibanding software aplikasi Office Suite standar yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Aplikasi Office online Google Apps

Sebuah online office suite adalah jenis office suite yang ditawarkan dalam bentuk Software as a Service (SaaS). Mereka dapat diakses secara online dari berbagai perangkat yang dapat mengakses internet seperti PC, laptop, tablet, dan smartphone. Layanan ini memungkinkan orang untuk bekerja bersama-sama di seluruh dunia setiap saat diperlukan, sehingga memungkinkan dibentuknya kolaborasi internasional berbasis web dan teamwork maya. Biasanya, versi dasar dari layanan ini ditawarkan secara gratis dan untuk memperoleh versi yang lebih lengkap diperlukan proses registrasi dan membayar biaya berlangganan dengan jumlah tertentu.

Apa keuntungan dari menggunakan Online Office Suite?

1. Biaya rendah. Dalam kebanyakan kasus, tidak ada biaya khusus untuk menggunakan layanan ini untuk pengguna yang sudah memiliki akses ke komputer dengan web browser dan koneksi ke Internet.
2. Tidak perlu untuk men-download atau menginstal software di komputer kita (termasuk melakukan upgrade ke versi terbaru) karena aplikasi ini terinstall di server milik pihak penyedia layanan.
3. Dapat dijalankan pada komputer atau perangkat lain dengan persyaratan hardware minimal.
4. Menyediakan kemampuan untuk berbagi dokumen ke sekelompok orang tanpa perlu menjalankan server mereka sendiri.
5. Tidak perlu untuk membeli atau meng-upgrade lisensi software. Sebaliknya, aplikasi perkantoran online tersedia sebagai layanan perangkat lunak berbasis web yang dapat diakses dari komputer manapun dengan koneksi ke Internet, terlepas dari sistem operasi yang mereka gunakan.
6. Jika komputer pengguna mengalami masalah, data dan dokumen masih aman karena disimpan pada remote server. Proses backup online oleh penyedia layanan dan stabilitas sistem yang mereka miliki secara keseluruhan jauh lebih baik dari sistem komputer milik pengguna rumahan.

Apa kerugian dari Online Office Suite?

1. Akses memerlukan koneksi internet - sudah pasti. Namun, dalam banyak kasus, office suite online akan memungkinkan pengguna untuk secara teratur mem-backup data atau bahkan menyediakan sinkronisasi dokumen antara server dan komputer lokal.
2. Sebagian besar aplikasi perkantoran yang tersedia secara online membutuhkan koneksi internet yang berkecepatan tinggi (broadband). Ini jadi masalah bagi pengguna yang memiliki koneksi lambat ke Internet.
3. Keterbatasan jumlah fitur yang tersedia. Aplikasi perkantoran online tidak memiliki fitur sebanyak dan selengkap yang tersedia pada rekan-rekan offline mereka (seperti Microsoft Office).
4. Biaya berlangganan untuk menggunakan layanan ini. Dalam jangka panjang harus diperhitungkan apakah biaya berlangganan online office suite jatuhnya akan lebih mahal daripada membeli lisensi software offline yang biasa kita gunakan.
5. User tidak memiliki kontrol atas versi dari perangkat lunak yang digunakan. Jika perangkat lunak tersebut berubah pengguna dipaksa untuk menggunakan versi berubah, bahkan jika versi yang berubah itu kurang cocok untuk pengguna.
6. Pengguna sangat bergantung pada penyedia layanan untuk menjamin keamanan dan privasi data dan dokumen mereka.

Komentar